Motor Udara

Perkembangan mesin kendaraan bermotor saat ini sangatlah pesat. Mesin yang dipakai saat ini semakin bertenaga tetapi irit bahan bakar. Bahkan mesin bertenaga besar yang liar dapat menjadi jinak dikendalikan, berkat teknologi elektronik. Semua itu karena teknologi yang dikembangkan. Tetapi semasih menggunakan bahan bakar dan terjadi pembakaran di dalam mesin untuk menghasilkan energi, maka mesin tersebut akan menghasilkan emisi yang tidak baik bagi lingkungan.

Oleh sebab itu sebagai seorang enginer kita perlu memikirkan konsep mesin yang ramah lingkungan dan kalo bisa zero emision. Inilah cita-cita dari GTX Motorsport. Dan kami melihat bahwa motor bertenaga angin sangat mungkin dipakai sebagai kendaraan masa depan. Dengan cara memampatkan udara ke dalam tabung dan tekanan udara tersebut dipakai untuk menggerakkan kendaraan. Mesin yang di pakai bisa model rotor atau model torak.

Salah satu contoh Motor dengan mesin udara yang menarik bagi GTX adalah disain dari Edwin Yi Yuan yang dirancang untuk memecahkan rekor kecepatan motor bertenaga udara.

Dengan menggunakan mesin rancangan dari Angelo Di Piero dari Melbourne Australia. Mesin ini digerakkan karena tekanan udara dari dua buah tabung udara bertekanan tinggi yang dapat membuat mesin tersebut berputar lebih dari 10.000 rpm. Dan tidak memerlukan Gearbox,tetapi hanya menggunakan dua gear sproket yang memiliki ukuran sama untuk meneruskan putaran mesin ke roda belakang.

Gambar diatas adalah bagaimana cara kerja mesin angin yang merubah tekanan udara menjadi tenaga putar.

Dan yang ini adalah bebtuk utuh prototype mesin udara.

Yang perlu kita pikirkan saat ini bagai mana cara memampatkan udara ke dalam tabung agar tidak menggunakan kompresor dengan bahan bakar. Kalo pakai kompresor bertenaga motor bakar, berarti sama dengan boong untuk bisa lebih ramah lingkungan. Untuk masalah ini dapat menggunakan kompresor listrik dan listriknya dari matahari jadi benar-benar zero emision seperti angan-angan GTX.

Jadi bagi para enginer muda mari kita berpikir untuk masa depan. Membuat sesuatu yang baru yang dapat berguna bagi kehidupan kita. Jangan tunggu sampai orang lain yang buat baru kita tinggal ngikut. Sebenarnya kita bisa….!!

Bila kamu suka Racing, mulai saat ini berfikir untuk membuat motor kencang yang ramah lingkungan…..

Tinggalkan pemikiran bikin motor kencang adalah : Bore Up+Stroke Up= Boros
Tapi mulailah berfikir belajar lebih maju..banyak koq yang masih bisa dikembangkan.
Karena itu juga GTX motorsport ga suka dengan yang namanya balap liar. Kapasitas mesin ga jelas. Sangat tidak mendidik. Coba kapasitas yang dipatok jelas sesuai regulasi jadi kelihatan hasil setingan kita, kan kapasitas mesin udah tau. Sayangnya di Bali jarang banget ada event balap. Padahal anak Racingnya bejibun.

Wah nanti jadi ketrusan ngelantur ngomongin realita kita saat ini.. Padahal tadi dah membahas tentang pemikiran dan teknologi masa depan…

Peace…………!!!

8 Komentar

  1. salut bgt buat pemikirannya bro….briliant bgt ide nya..gw dukung dech….

  2. mantabh ni…tolong bantuannya dong..gymana caranya bikin motor bahan bakar gas dan air…PM di email ane y bro…thanks sblmnya..

    • Kalo bahan bakar Gas ada ulasannya di Drag Bike with Gas LPG,kalo tenaga udara dah berhasil tinggal pengembangan aja, nanti akan saya tulis ulasannya, bahan bakar angin masih riset..

  3. bagus boss terus kembangkan idenya
    kyang ne rage mapir kebengkel.

  4. boss bagimana cara bikin mesin anginnya , soalnya untuk mesin angin kami masih menggunakan inpact, yang sering d pake buat buka ban. mesin angin itu buat sendiri ataw mesen ??
    bosss bisa ga kasih infonya???
    mohon bantuannya. sebelumnya terimakasih

    • Klo mesin sesuai tulisan diatas dibuat oleh insinyur dari australia… Klo mesin yang kami pakai murni hasil eksperimen dari GTX Motorsport yang memerlukan penelitian panjang. dan seperttinya tidak mudah untuk menjabarkan dengan gamblang cara membuatnya. Mengingat ini merupakan hasil pengembangan dari GTX dan juga masih berupa prototype. Dan masih perlu banyak pengembangan lanjutan.


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s